Headlines News :
.
Home » , , , , , » Manfaat Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak

Manfaat Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak

deteksi dini anak, tumbuh kembang anak, paud, parenting, parenting islami
Manfaat Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak
dr. Yulia Suherlina

CARA PANTAU TUMBUH KEMBANG ANAK
Ibu-bapak pasti mendambakan anak yang cerdas, ceria dan sehat. Tahun-tahun pertama dalam kehidupan anak merupakan masa yang penuh kesempatan dan tantangan dalam perkembangan anak. Untuk mewujudkan itu, peranan orang tua dan pengasuh (nenek, kakek, pengganti ibu - bapak) dalam keluarga sangatlah penting, karena anak lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah bersama mereka.
Ibu-bapak merupakan pengasuh, guru dan teman bermain yang utama di rumah. Harapannya, dapat memberikan perhatian yang hangat, pengasuhan yang tepat, penuh kasih sayang dan rasa aman bagi anak. Ini merupakan modal penting bagi perkembangannya kelak untuk menjadi pribadi yang mandiri dan percaya diri.
Pengalaman pada usia dini merupakan landasan yang penting untuk perkembangan anak dan menjadi modal penting bagi kehidupan selanjutnya. Faktor yang tidak kalah penting adalah perangsangan dini yang dapat dilakukan oleh ibu - bapak dan pengasuh anak dalam keluarga di rumah. Sebelum melakukan perangsangan ibu-bapak dan pengasuh anak hendaknya mengetahui perkembangan anak, dan perangsangan apa saja yang sesuai untuk anak tersebut.
Ibu-bapak dan pengasuh anak usia dini dapat memantau perkembangan dan pertumbuhan anaknya melalui kartu menuju sehat (KMS) yang terpadu atau kartu deteksi dini tumbuh kembang (DDTK) dengan membawa ke Pos PAUD. Selanjutnya, guru dan petugas kesehatan di Pos PAUD akan membantu ibu-bapak untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan anak dengan cara mendeteksi.
Buku ini akan membahas mengenai :
• Pentingnya mengetahui perkembangan anak usia dini.
• Peranan guru di Pos PAUD dalam membantu memantau perkembangan anak usia dini melalui KMS dan kartu DDTK
• Manfaat hasil pemantauan perkembangan bagi ibu-bapak dan pengasuh anak usia dini.
PROSES TUMBUH KEMBANG ANAK
Enam tahun pertama sangatlah penting dan merupakan tahapan pertumbuhan dan perkembangan yang cepat bagi seorang anak. Untuk itu penting memantau pertumbuhan dan perkembangan anak agar tumbuh kembangnya tidak terlambat. Dalam hal ini, peranan ibu-bapak dan pengasuh menjadi sangat penting.
Harapannya, dengan mengetahui tumbuh kembang anak maka Ibu-bapak dan pengasuh dapat mengetahui perangsangan yang sesuai agar tidak mengalami keterlambatan. Seandainya pun terjadi keterlambatan pada tumbuh kembang anak, sebaiknya ibu-bapak dan pengasuh mengetahui langkah yang seharusnya diambil.
Bila ibu-bapak dan pengasuh kurang memahami tentang tumbuh kembang anak dan bimbang akan perangsangan yang harus diberikan, tak perlu khawatir. Sebaiknya segeralah pergi ke Pos PAUD atau Posyandu untuk meminta bantuan pada tenaga pendidik atau tenaga kesehatan yang ada untuk menjawab pertanyaan –pertanyaan tersebut.
APA YANG DIMAKSUD PROSES PERKEMBANGAN ANAK?
Pertumbuhan dan perkembangan merupakan dua peristiwa yang berbeda tetapi tidak bisa dipisahkan. Pertumbuhan merupakan suatu perubahan dalam ukuran tubuh dan merupakan sesuatu yang dapat diukur seperti tinggi badan, berat badan, lingkar kepala yang dapat dibaca pada buku pertumbuhan.
Sedangkan perkembangan lebih ditujukan pada kematangan fungsi alat-alat tubuh. Seperti, kaki untuk melompat (gerakan kasar), jari-jari tangan untuk menulis, mengancingkan baju (gerakan halus), pemahaman (bagaimana anak belajar dari lingkungannya untuk mengerti anggota tubuh, warna), bicara (anak mampu mengungkapkan sesuatu yang dimaksud) dan sosialisasi.
Proses perkembangan anak selalu dihubungkan dengan perkembangan otak. Perkembangan otak dimulai semenjak kehamilan. Saat dilahirkan, otak masih belum berkembang sempurna. Otak mengalami perkembangan yang pesat pada masa usia 0-3 tahun.
Pusat-pusat saraf di otak ini bertanggung jawab untuk berbagai fungsi di otak. Ada bagian yang mengurusi fungsi untuk melihat, bicara, menggerakan anggota badan dan sebagainya. Bagian di otak ini apabila dirangsang sesuai dengan daerahnya akan membentuk serabut saraf dan menghubungkan pusat-pusat penting di otak seperti diatas .
Contoh bayi berumur 8 bulan, dia akan melihat wajah ibunya melalui indra penglihatan dan mendengar suara ibunya melalui indra pendengaran. Semua itu akan di proses di otak sehingga bayi akan kenal dengan wajah dan suara ibunya. Perkembangan otak sangat cepat pada tahun-tahun pertama kehidupan dan biasanya periode ini berlangsung semenjak lahir sampai umur 3-5 tahun.
Anak belajar sangat cepat dari lingkungannya. Untuk itu, tak perlu heran bila seorang anak umur 3 tahun sudah lancar berbicara, cepat menghapal lagu yang didengarnya. Masa inil yang disebut masa emas perkembangan otak seorang anak. Sesudah periode ini, otak tetap masih dapat dirangsang, namun hasilnya tidak secepat pada periode sebelumnya. Oleh sebab itu, ibu-bapak dan pengasuh seharusnya dapat memberikan perangsangan yang sesuai untuk perkembangan anak pada masa emas perkembangan otak anak.
Umumnya bayi dan anak mengikuti pola perkembangan yang khas per tahapan usia. Ada juga beberapa anak yang pola perkembangannya lebih cepat atau bahkan terlambat. Misal, anak berumur 2 tahun sudah bisa berlari, melompati 1 garis, menunjuk anggota tubuhnya tetapi belum lancar bicara. Sedangkan pada sebagian anak lain tahapan berbicaranya, lancar dan mampu merangkai 2 kata.

Untuk mengetahui itu, orang tua harus mengetahui pola dan tahapan perkembangan anak yang tercantum pada buku DDTK ini. Selain juga, dapat mengetahui melalui kartu menuju sehat (KMS) tumbuh kembang dan kartu DDTK.
DETEKSI DINI TUMBUH KEMBANG ANAK (DDTK), ALAT PEMANTAU PERKEMBANGAN DAN PERANGSANGAN DI RUMAH
Anak tumbuh dan berkembang dalam lingkungan keluarganya. Ibu - bapak merupakan pengasuh yang utama di rumah. Selain juga, sebagai teman bermain dan terapis utama yang dapat membantu anak pada keadaan-keadaan tertentu.
Ibu - bapak hendaknya mengenal pola pertumbuhan dan perkembangan anak sehingga dapat memantau perkembangan anaknya. Pemantauan perkembangan ini dapat dilakukan di rumah dengan menggunakan suatu alat pemeriksaan Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak (DDTK) yang cukup mudah dilakukan oleh orang tua di rumah.
Setiap ibu-bapak dan pengasuh anak usia dini hendaknya mempunyai KMS tumbuh kembang atau kartu DDTK untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan anaknya. Dibawah ini terdapat gambar KMS tumbuh kembang yang memuat tabel DDTK yang sebaiknya dibawa oleh ibu - bapak dan pengasuh anak usia dini setiap datang ke Pos PAUD atau Posyandu.






Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak (DDTK) yang dikembangkan oleh Yayasan Surya Kanti Bandung ini adalah suatu alat yang dapat dipakai oleh ibu - bapak, guru, kader, untuk memantau perkembangan sekaligus melakukan deteksi dan perangsangan di rumah.

Pola Perkembangan DDTK
Kolom kiri dibagi menurut usia anak dari empat sampai 60 bulan dengan interval yang berbeda. Di bawah 1 tahun pemantauan dilakukan tiap bulan. Sampai usia 2 tahun dilakukan tiap 6 bulan dan sesudah usia 2 tahun dilakukan tiap tahun
Baris horizontal menggambarkan bidang fungsi perkembangan anak yaitu:
1. Gerakan kasar
2. Gerakan halus
3. Persepsi (pemahaman)
4. Bicara/bahasa
5. Sosialisasi
Gerakan Kasar
Anak mampu menumpu dengan kedua lengan dan mengangkat kepala.
Gerakan Halus
Anak mampu bermain-main dengan kedua tangannya.
Pengamatan
Anak mampu meraih dan mengamati mainan.
Bicara
Anak mampu mendengar suara kertas diremas tanpa melihatnya atau bermain bibir sambil mengeluarkan air liur
Sosialisasi
Saat disapa, anak melihat ibu dan mampu tersenyum.

Gerakan Kasar
Anak mampu duduk sendiri dan mengambil posisi ongkong-ongkong sambil bertahan sebentar.

Gerakan HalusAnak mampu menggenggam balok mainan dengan dengan seluruh permukaan tangan.
Pengamatan
Anak mampu memperhatikan, mencari dan megikuti arah mainan yang jatuh.
Bicara
Anak mampu mengeluarkan suara : ma.. ma... ma...., da... da...., ta... ta.... ta....
Sosialisasi
Anak mampu bermain Ciluk... Baa...

12 bln
Gerakan Kasar
Anak mampu berdiri sendiri dan berjalan sambil berpegangan pada satu tangan.
Gerakan Halus
Anak mampu mengambil benda kecil dengan ujung ibu jari dan jari telunjuk.
Aspek Perkembangan Kemampuan anakPengamatan
Anak mampu menunjuk bagian dari mainan, misalnya roda mobil-mobilan atau mata boneka.
Bicara
Anak mampu mengucapkan satu kata atau lebih dan tahu artinya.
Sosialisasi
Anak mampu memberikan mainan pada ibu.

18 bln
Gerakan Kasar
Anak mampu berlari tanpa terjatuh.
Gerakan Halus
Anak mampu menyusun tiga balok mainan.
Pengamatan
Anak mampu menutup gelas.
Bicara
Anak mampu mengucapkan sepuluh kata atau lebih dan tahu artinya.
Sosialisasi
Anak mampu menyebutkan namanya bila ditanya.
 
Aspek Perkembangan Kemampuan anak
24 bln
Gerakan Kasar
Anak mampu melompati garis dengan kedua kaki sekaligus.
Gerakan Halus
Anak mampu membuka botol dengan memutar tutupnya.
Pengamatan
Anak mampu menunjuk dan menyebutkan 6 bagian tubuh (mata,hidung,mulut,kepala,tangan,telinga,dst).
Bicara
Anak mampu menjawab dengan kalimat yang terdiri dari dua kata.
Sosialisasi
Anak mampu meniru kegiatan orang dewasa.

36 bln
Gerakan Kasar
Anak mampu turun tangga dengan kaki bergantian tanpa berpegangan.
Gerakan Halus
Anak mampu meniru garis tegak, garis datar, dan lingkaran.
 
Aspek Perkembangan Kemampuan anakPengamatan
Anak mampu menyebut tiga warna.
Bicara
Anak mampu bertanya dengan memakai kata apa, siapa, dimana?
Sosialisasi
Anak mampu bermain bersama dengan teman.

48 bln
Gerakan Kasar
Anak mampu melompat dengan satu kaki ditempat.
Gerakan Halus
Anak mampu memegang pensil dengan 3 jari..
Pengamatan
Anak mampu menghitung tiga balok mainan dengan cara menunjuk.
Bicara
Anak mampu menjawab dengan menggunakan kalimat lengkap (lebih dari 2 kata).
Sosialisasi
Anak mampu bermain bersama teman dalam satu permainan.
 
Aspek Perkembangan Kemampuan anak
60 bln
Gerakan Kasar
Anak mampu melompat dengan satu kaki kearah depan.
Gerakan Halus
Anak mampu meniru gambar bujur sangkar, segitiga dan tanda (+).
Pengamatan
Anak mampu menggambar orang.
Bicara
Anak mampu bercerita dan bermakna.
Sosialisasi
Anak mampu bermain bersama mengikuti urutan permainan.

Ibu - bapak dan pengasuh bisa memantau pertumbuhan dan perkembangan anaknya dengan selalu rutin membawa anaknya ke Posyandu atau pos PAUD terdekat. Ada guru, kader, dan tenaga kesehatan yang akan membantu melakukan deteksi atau pemeriksaan pertumbuhan dan perkembangan. Ibu - bapak dan pengasuh akan diberikan pengarahan mengenai perangsangan yang perlu dilakukan di rumah apabila anak mengalami keterlambatan.
Sebagai contoh, seorang bayi berumur 8 bulan oleh ibu - bapak atau pengasuh dibawa ke Posyandu atau Pos PAUD, di Posyandu atau Pos PAUD. Guru atau kader akan memeriksa pertumbuhan bayi (mengukur tinggi badan dan menimbang berat badan), kemudian melakukan deteksi atau pemantauan perkembangan. Ibu-bapak dapat ikut mendampingi penilaian, apakah bayinya sudah sesuai perkembangannya atau ada keterlambatan perkembangan.


Mengacu pada DDTK, perkembangan yang harus sudah dicapai bayi umur 8 bulan, antara lain:
● Gerakan kasar yaitu anak mampu duduk sendiri atau melakukan posisi ongkong-ongkong
● Gerakan halus yaitu sudah bisa memegang balok atau benda berukuran segi empat setebal 2 cm dengan seluruh permukaan tangannya.
● Pengamatan yaitu dengan mengamatii mainan yang jatuh saat mainan tersebut dijatuhakan oleh guru atau kader.
● Bicara yaitu dengan mengeluarkan suara ma.. ma... ma...
● Sosialisasi yaitu anak mampu bermain cilukba dengan kader atau ibu - bapak
Apabila si bayi perkembangannya telah sesuai dengan usianya, maka disarankan untuk datang kembali pada usia 12 bulan. Bila terlambat 1 aspek perkembangan, misalnya, gerakan kasar, maka ibu-bapak dan pengasuh akan diberikan contoh rangsangan yang dapat dilakukan di rumah dan dipantau selama satu bulan.
Apabila bayi mengalami keterlambatan lebih dari satu aspek perkembangan dan satu tingkatan umur, maka oleh kader pasti akan dirujuk ke petugas kesehatan. Selanjutnya, akan dilakukan pemeriksaan perkembangan dan pertumbuhan bayi tersebut. Langkah berikutnya akan ditentukan sesuai kondisi bayi tersebut.

MANFAAT DDTK BAGI IBU - BAPAK DAN PENGASUH
Peranan ibu - bapak dalam pengasuhan sangat penting. Ibu - bapak sebaiknya ikut berperan aktif dengan ikut memantau pertumbuhan dan perkembangan anak di rumah. Bawalah anak ke posyandu atau pos PAUD secara rutin dengan melihat dan mengacu pada kartu KMS terpadu.
Bila anak mengalami keterlambatan perkembangan, ibu - bapak bisa mendapatkan bantuan secepat mungkin dan mengetahui perangsangan yang sebaiknya dilakukan di rumah. Kerjasama antara ibu-bapak dan petugas di posyandu dan Pos PAUD sangatlah penting. Ibu-bapak hendaknya berperan aktif ikut memantau dan melakukan perangsangan di rumah sesuai arahan. Segera melapor bila mengalami hal yang sulit saat melakukan perangsangan,

PESAN UNTUK IBU-BAPAK
Semua bayi dilahirkan dengan panca indra yang siap menerima perangsangan berupa visual, sentuhan, perabaan, penciuman dan keseimbangan. Pengalaman segera sesudah lahir dan pada periode emas perkembangan sangat penting, termasuk peranan ibu - bapak dan pengasuh pada masa emas tersebut.
Pentingnya ibu - bapak dan pengasuh memantau perkembangan anak dapat dilihat dengan rutin membawa anak ke Posyandu dan Pos PAUD. Ibu - bapak dan pengasuh akan segera mendapatkan bantuan apabila anak mengalami keterlambatan. Bantuan bisa berupa perangsangan di rumah atau pergi ke petugas kesehatan apabila ternyata anak berisiko ada keterlambatan pada periode perkembangan berikutnya.
Semakin cepat dan dini ditemukan dan diransang, maka hasil yang didapatkan akan semakin baik. Begitu juga bantuan yang diberikan semakin cepat akan semakin baik pula hasilnya.

Daftar Istilah
1. Deteksi : Suatu usaha untuk menentukan atau menemukan kenyataan akan sesuatu.
Sumber Bacaan
• The Challanging Child ,Greenspan,Perseud Books,1995
• Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak(DDTK),Yayasan Suryakanti Bandung,2003
• Stimulasi Dini Sesuai Usia Perkembangan Anak,Yayasan Suryakanti Bandung 2005

Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini
Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal
Kementerian Pendidikan Nasional
Tahun 2011
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

.
 
Support : Zaahir Shop | E-Kids | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Diary Zaahir | Diary Ummi dan Abi untuk Generasi Cemerlang - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template